Lengkapi Asupan Nutrisi Ibu Hamil Dengan Sayur dan Buah

Lengkapi Asupan Nutrisi Ibu Hamil Dengan Sayur dan Buah | Bagi ibu hamil, konsumsi makanan sehat dan berserat seperti sayur-sayuran dan buha-buahan memang sangat penting, selama masa kehamilan, asupan nutrisi merupakan satu hal yang paling penting agar bayi yang dikandungnya tetap sehat. Dengan mengkonsumsi buah dan sayuran selama kehamilan itu merupakan langkah yang paling tepat dalam mendukung tumbuh kembang si kecil.

Lengkapi Asupan Nutrisi Ibu Hamil Dengan Sayur dan Buah

Bunda, begitu banyak variasi sayuran dan buah yang dapat di konsumsi oleh ibu hamil. Anda juga dapat mengkonsumsinya secara bergantian setiapo harinya. Mengkonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah selama kehamilan memang satu langkat yang sangat tepat karena dapat membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan nutrisi yang penting untuk kesehatan anda dan juga janin dalam kandungan anda.

Berbagai nutrisi penting yang sangat di butuhkan oleh ibu hamil

Selama masa kehamilan, bunda sangat membutuhkan asupan nutrisi yang tidak hanya di butuhkan oleh anda saja, tetapi juga sangat di butuhkan oleh janin dalam kandungan anda. Nah, berikut ini beberapa nutrisi yang sangat penting yang di butuhkan oleh anda selama masa kehamilan, diantaranya:

  • Asam folat

Penelitian telah mengidentifikasikan bahwa asam folat berperan penting dalam mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf. Fungsi lain dari asam folat yaitu sebagai bahan penting yang digunakan dalam proses pembuatan DNA, memproduksi sinyal kimia didalam sistem saraf, dan merangsang pembentukan sel darah merah.

  • Zat besi

Zat besi memiliki peranan penting bagi berbagai proses didalam tubuh. Di dalam sel darah merah, terdapat molekul hemoglobin yang mengandung zat besi. Hemoglobin membantu sel darah merah mengantar oksigen ke seluruh tubuh. keckupan zat besi juga dapat menghindarkan anda dari penyakit anemia defisiensi besi. Dari sayuran, seperti bayam, ibu hamil dapat memeproleh zat besi jenis non heme.

  • Kalsium

Didalam tubuh, zat ini berperan dalam mendukung fungsi otot, saraf dan sel. Zat ini juga berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dan mengatur tekanan darah. Ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi kalium sebanyak 2.000 mg per hari.

  • Magnesium

Magnesium diperlukan oleh tubuh untuk perbaikan jaringan, mengatur kadar gula dalam darah, dan sebagai bahan dalam pembentukan tulang dan gigi. Ibu hamil memerlukan magnesium sekitar 300 mg per hari. Labu merupakan sayuran yang banyak mengandung magnesium.

Berikut beberapa jenis sayuran dan buah yang sangat di butuhkan dan penting untuk ibu hamil.

Ada beberpaa macam sayuran dan buah yang sangat baik untuk di konsumsi oleh ibu hamil, antara lain:

  • Bayam

Seperti yang telah kita ketahui, bayam merupakan sayuran yang kaya kan zat besi dan asam folat. Selain itu, bayam juga memiliki kandungan vitamin A, C dan K. Bayam dan berbagai sayuran hijau lainnya dapat menunjang kesehatan ibu hamil.

  • Brokoli

Sayuran yang satu ini selain mengandungkalsium, kandungan penting dari brokoli adalah beberapa zat yang dapat membantu memproteksi diri dari kanker, yaitu beta karoten, indoles, dan isotiosianat, nutrisi yang menyehatkan pada brokoli muncul ketika sayuran di potong. Diamkan brokoli yang sudah dipotong selama lima menit, baru kemudian dimasak. Memasaknya pun jangan terlalu lama agar kandungan vitaminnya tidak hilang.

  • Pepaya

Mencampur pepaya dengan madu dan susu akan menjadi nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil. Namun, anda harus memastikan bahwa pepaya yang anda konsumsi itu sudah matang. Sebab, berdasarkan sumber penelitian jika pepaya belum masal dengan sempurna bias mengandung zat lateks yang mungkin memicu kontraksi pada rahim.

  • Jeruk

Anda bisa membuat jus jeruk untuk mendapatkan manfaatnya bagi ibu hamil. Penelitian membuktikan bahwa jus jeruk tidak hanya mengandung asam folat dan vitamin C, tetapi juga membantu mencegah risiko bahaya kehamilan,s eperti tekanan darah tinggi oleh karen kandungan kalium.

  • Semangka

Pada akhir masa kehamilan, biasanya tubuh ibu hamil kenaikan berat badan karena tingginya kadar air dalam tubuh. Semangka bersifat diuretik yang membuat ibu hamil menjadi lebih sering buang air kecil.

  • Mangga

Buah ini kaya akan vitamin (A, B6, dan C) sehingga sangat baik untuk ibu hamil. Kalori yang dikandungnya dapat membantu memenuhi kebutuhan ibu hmil pada trimester ketiga. Apalgi, mangga memiliki kandungan pemanis yang alami dengan  begitu, buah ini paling baik dijadikan sebagai cemilan.

Nah, bagi para calon ibu muda, lengkapi segera asupan nutrisi anda dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayur dengan takaran 2,5-3 cangkir sayu dan 2 cangkir buah setiap harinya dan dapatkan manfaat luar biasanya untuk tubuh dan kesehatan si jabang bayi. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal ada baiknya bunda mengkombinasikan asupan gizi sayur dan buahnya agar tetap seimbang dan hasilnya maksimal.

Lengkapi Asupan Nutrisi Ibu Hamil Dengan Sayur dan Buah